Entri Populer

Kamis, 20 Januari 2011

Parameter


Parameter Kualitas Limbah

Pencemaran lingkungan dapat diukur dengan parameter kualitas limbah. Parameter tersebut digunakan untuk megetahui tingkat pencemaran yang sudah terjadi dilingkungan. Beberepa parameter kimia kualitas air yang perlu diketahui antara lain BOD, COD, DO dan pH.

BOD (Biochemical Oxygen Demand)

BOD adalah ukuran kandungan oksigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme di dalam air untuk menguraikan bahan organik yang ada di dalam air. Apabila kandunagn oksigen dalam air menurun, kemampuan mikroorganisme aerob untuk menguraikan bahan buanagn organik akan menurun pula.
BOD ditentukan dengan mengukur jumlah oksigen yang terserap oleh limbah cair akibat adanya mikroorganisme selama kurun waktu dan temperatur tertentu. Nilai BOD diperoleh dari selisih oksigen terlarut awal denagn oksigen terlarut akhir. BOD merupakan ukuran uatama kekuatan limbah cair.

COD (chemical Oxygen Demand)

COD merupakan jumlah zat oksigen yang diperlukan agar bahan buangan yang ada di dalam air dapat teroksidasi melalui reaksi kimia. Indikator ini umumya berguna pada limbah industri.

DO (Dissolved Oxygen)

DO adalah kadar oksigen terlarut dalam air. Penurunan DO dpat diakibatkan oleh pencemaran air yang mengandung bahan organic sehingga menyebabkan organisme air terganggu. Semakin kecil nilai DO dalam air, tingkat pencemarannya semakin tinggi. DO penting dalam pengoperasian system saluran pembuangan maupun pengolahan limbah.

pH
Nilai pH limbah cair adalah ukuran keasqaman atau kebasaan limbah. Air yang tidak tercemar memiliki pH anatara 6,5 – 7,5. Sifat air tegantung pada besar kecilnya pH. Air yang memiliki pH lebih kecil dari pH normal akan bersifat asam,sedangkan air yang memiliki pH lebih besar dari pH normal akan bersifat basa. Perubahan pH air tergantung polutan air tersebut. Air yang memiliki pH lebih kecil atau lebih besar dari kisaran pH normal tidak sesuai untuk kehidupan mikroorganisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar